dc.contributor.author |
Rusmansyah |
|
dc.contributor.author |
Istyadji, Maya |
|
dc.date.accessioned |
2023-05-03T00:58:17Z |
|
dc.date.available |
2023-05-03T00:58:17Z |
|
dc.date.issued |
2018 |
|
dc.identifier.issn |
2613-9782 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/30324 |
|
dc.description.abstract |
Telah dilakukan penelitian untuk meningkatkan self-efficacy dan
kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran Project
Based Learning (PjBL) pada materi sistem koloid. Penelitian dirancang
dengan metode penelitian tindakan kelas, dengan 2 siklus dengan 4 kali
pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri
5 Banjarmasin dengan jumlah 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
(1) aktivitas guru menunjukkan kategori cukup aktif pada siklus I menjadi
aktif pada siklus II, (2) aktivitas peserta didik menunjukkan kategori cukup
aktif pada siklus I menjadi aktif pada siklus II, (3) self-efficacy peserta didik
menunjukkan kategori cukup baik pada siklus I menjadi baik pada siklus II,
(4) kemampuan berpikir kritis menunjukkan kategori cukup kritis pada siklus
I menjadi kritis pada siklus II, (5) hasil belajar kognitif menunjukkan kategori
sedang pada siklus I menjadi tinggi pada siklus II, (6) peserta didik
memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan model
pembelajaran project based learning. |
en_US |
dc.publisher |
JCAE, Journal of Chemistry And Education |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Vol 2, No. 2;50-56 |
|
dc.subject |
model PjBL, sistem koloid, self-efficacy, kemampuan berpikir kritis |
en_US |
dc.title |
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM PEMBELAJARAN SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |