Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya kebutuhan media
pembelajaran yang interaktif dalam mata pelajaran IPA terutama pada
pokok bahasan gerak benda. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan hasil validitas dan kepraktisan multimedia interaktif
menggunakan Articulate Storyline pada pokok bahasan gerak benda.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan 3D (Define, Design, Development).
Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan
instrumen validasi dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data
pada penelitian ini menggunakan uji validitas Aiken’s V dan persentase
sesuai kategori. Hasil penelitian menunjukkan multimedia interaktif
menggunakan Articulate Storyline memperoleh skor validasi sebesar 0,85. Hasil uji coba peserta didik dengan kelompok kecil sebanyak 14
orang dalam penelitian ini memperoleh nilai sebesar 92,27%.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia
interaktif menggunakan Articulate Storyline pada pokok bahasan gerak
benda sangat valid dan sangat praktis dan layak untuk digunakan dalam
proses pembelajaran IPA di sekolah sehingga mampu menciptakan
suasana belajar yang aktif, menarik, serta modern.