Repo Dosen ULM

Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Pokok Bahasan Gerak Benda Untuk Peserta Didik SMP/MTs

Show simple item record

dc.contributor.author Istyadji, Maya
dc.contributor.author Sauqina, Sauqina
dc.date.accessioned 2023-05-03T00:54:42Z
dc.date.available 2023-05-03T00:54:42Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.issn 2798-9224
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/30316
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya kebutuhan media pembelajaran yang interaktif dalam mata pelajaran IPA terutama pada pokok bahasan gerak benda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validitas dan kepraktisan multimedia interaktif menggunakan Articulate Storyline pada pokok bahasan gerak benda. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 3D (Define, Design, Development). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan instrumen validasi dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas Aiken’s V dan persentase sesuai kategori. Hasil penelitian menunjukkan multimedia interaktif menggunakan Articulate Storyline memperoleh skor validasi sebesar 0,85. Hasil uji coba peserta didik dengan kelompok kecil sebanyak 14 orang dalam penelitian ini memperoleh nilai sebesar 92,27%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif menggunakan Articulate Storyline pada pokok bahasan gerak benda sangat valid dan sangat praktis dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran IPA di sekolah sehingga mampu menciptakan suasana belajar yang aktif, menarik, serta modern. en_US
dc.publisher Junraal Pendidikan Sains dan Terapan (JPST) en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 2, No. 1;hal 102 - 115
dc.subject Multimedia interaktif, articulate storyline, gerak benda en_US
dc.title Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Pokok Bahasan Gerak Benda Untuk Peserta Didik SMP/MTs en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account