Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar
berbasis literasi sains pada topik interaksi makhluk hidup dengan
lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan
bahan ajar berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development
(R&D) dengan model pengembangan 4D. Tahap pengembangan yang
dilakukan dalam pembuatan modul ini meliputi Define
(pendefinisian), Design (perancangan), dan Development
(pengembangan). Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar
validasi bahan ajar, angket respon peserta didik dan tes literasi sains.
Berdasarkan hasil uji validitas bahan ajar dinyatakan sangat valid
dengan persentase sebesar 85,62%. Bahan ajar yang dikembangkan
juga dinyatakan praktis dengan rata-rata 3,48. Kemampuan literasi
sains peserta didik yang menggunakan bahan ajar literasi sains meningkat sebesar 0,4. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan
bahwa bahan ajar berbasis literasi sains pada topik interaksi makhluk
hidup dengan lingkungan dinyatakan layak sebagai bahan ajar