Repo Dosen ULM

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Pada Topik Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan

Show simple item record

dc.contributor.author Istyadji, Maya
dc.contributor.author Yulinda, Ratna
dc.date.accessioned 2023-05-03T00:53:55Z
dc.date.available 2023-05-03T00:53:55Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.issn 2798-9224
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/30313
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar berbasis literasi sains pada topik interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Tahap pengembangan yang dilakukan dalam pembuatan modul ini meliputi Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Development (pengembangan). Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar validasi bahan ajar, angket respon peserta didik dan tes literasi sains. Berdasarkan hasil uji validitas bahan ajar dinyatakan sangat valid dengan persentase sebesar 85,62%. Bahan ajar yang dikembangkan juga dinyatakan praktis dengan rata-rata 3,48. Kemampuan literasi sains peserta didik yang menggunakan bahan ajar literasi sains meningkat sebesar 0,4. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis literasi sains pada topik interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dinyatakan layak sebagai bahan ajar en_US
dc.publisher Jurnal Pendidikan Sains dan Terapan (JPST en_US
dc.relation.ispartofseries Vol. 1, No. 1;Hal. 97 - 107
dc.subject ahan ajar; efektifitas; kepraktisan; literasi sains; validitas en_US
dc.title Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Pada Topik Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account