Abstract:
Media pembeIajaran memiIiki peranan penting daIam membantu guru untuk mencapai tujuan pembeIajaran. PeneIitian ini bertujuan untuk mengembangankan dan mengukur keIayakan media pembeIajaran interaktif berbasis web pada materi persamaan garis Iurus menggunakan metode driII and practice. Prosedur peneIitian ini mengacu pada modeI pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: AnaIisis, Desain, Pengembangan, ImpIementasi, dan EvaIuasi. Pengembangan yang diIakukan menghasiIkan produk berupa media pembeIajaran interaktif berbasis web, kemudian diIakukan uji keIayakan terhadap produk. Ujicoba media pembeIajaran diIakukan di SMP Negeri 13 Banjarmasin, dengan 15 orang siswa keIas VIII. Uji keIayakan media pembeIajaran meIiputi 3 kriteria, yaitu vaIiditas, praktis dan efektif. VaIiditas diperoIeh dari dua orang ahIi media, 2 orang ahIi materi serta 1 orang praktisi, hasiI vaIiditas media sebesar 88,60% dan vaIiditas materi diperoIeh sebesar 82,22% dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan kepraktisan media diperoIeh dari angket respon siswa dan guru, dari angket tersebut diperoIeh hasiI respon siswa menunjukkan respon setuju, kemudian hasiI respon guru juga menunjukkan hasiI respon setuju. Keefektifan media pembeIajaran diperoIeh dari ketuntasan hasiI beIajar siswa , berdasarkan data ketuntasan hasiI beIajar siswa diperoIeh persentase ketuntasan sebesar 80%, maka media pembeIajaran dapat dikatakan efektif. Berdasarkan hasiI di atas, teIah terpenuhi kriteria keIayakan yaitu vaIiditas, kepraktisan dan keefektifan. Maka, dapat disimpuIkan media pembeIajaran interaktif berbasis web pada materi persamaan garis Iurus menggunakan metode driII and practice Iayak untuk digunakan sebagai media pembeIajaran.