Repo Dosen ULM

Cek Plagiasi: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Metode Drill and Practice Untuk SMP Kelas VIII

Show simple item record

dc.contributor.author Irliyanti
dc.contributor.author Sukmawati, R. Ati
dc.contributor.author Mahardika, Andi Ichsan
dc.date.accessioned 2023-04-29T01:03:21Z
dc.date.available 2023-04-29T01:03:21Z
dc.date.issued 2021-06-01
dc.identifier.issn 2808-1900
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/29993
dc.description.abstract Media pembeIajaran memiIiki peranan penting daIam membantu guru untuk mencapai tujuan pembeIajaran. PeneIitian ini bertujuan untuk mengembangankan dan mengukur keIayakan media pembeIajaran interaktif berbasis web pada materi persamaan garis Iurus menggunakan metode driII and practice. Prosedur peneIitian ini mengacu pada modeI pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: AnaIisis, Desain, Pengembangan, ImpIementasi, dan EvaIuasi. Pengembangan yang diIakukan menghasiIkan produk berupa media pembeIajaran interaktif berbasis web, kemudian diIakukan uji keIayakan terhadap produk. Ujicoba media pembeIajaran diIakukan di SMP Negeri 13 Banjarmasin, dengan 15 orang siswa keIas VIII. Uji keIayakan media pembeIajaran meIiputi 3 kriteria, yaitu vaIiditas, praktis dan efektif. VaIiditas diperoIeh dari dua orang ahIi media, 2 orang ahIi materi serta 1 orang praktisi, hasiI vaIiditas media sebesar 88,60% dan vaIiditas materi diperoIeh sebesar 82,22% dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan kepraktisan media diperoIeh dari angket respon siswa dan guru, dari angket tersebut diperoIeh hasiI respon siswa menunjukkan respon setuju, kemudian hasiI respon guru juga menunjukkan hasiI respon setuju. Keefektifan media pembeIajaran diperoIeh dari ketuntasan hasiI beIajar siswa , berdasarkan data ketuntasan hasiI beIajar siswa diperoIeh persentase ketuntasan sebesar 80%, maka media pembeIajaran dapat dikatakan efektif. Berdasarkan hasiI di atas, teIah terpenuhi kriteria keIayakan yaitu vaIiditas, kepraktisan dan keefektifan. Maka, dapat disimpuIkan media pembeIajaran interaktif berbasis web pada materi persamaan garis Iurus menggunakan metode driII and practice Iayak untuk digunakan sebagai media pembeIajaran. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PPJP ULM en_US
dc.subject Media PembeIajaran Interaktif, DriII and Practice, Persamaan Garis Iurus, ADDIE en_US
dc.title Cek Plagiasi: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Metode Drill and Practice Untuk SMP Kelas VIII en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account