Abstract:
pendidikan dan pelatihan olahraga adalah upaya kita sebagai umat manusia untuk
meningkatkan harkat dan martabat manusia itu sendiri. Pendidikan dan pelatihan
yang baik adalah dilaksanakan secara terprogram dan terencana sehingga setiap
pencapaian dan hasil dapat selalu di monitor. Kegiatan untuk mengetahui pencapaian hasil dari program pendidikan yakni dilakukan dengan evaluasi melalui tes dan pengukuran. Evaluasi hendaknya dilakukan dengan adil, jujur, dan objektif sehingga pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan akan lebih bermakna. Buku ini dibuat untuk membantu para praktisi (guru dan pelatih) dilapangan maupun mahasiswa sehingga diharapkan evaluasi melalui tes dan pengukuran betul terlaksana seperti yang diharapkan. Buku ini berisi tentang prinsip dan konsep evaluasi pendidikan yang
terdiri dari ranah atau domain pendidikan yakni psikomotor, kognitif, dan afektif; instrumen
pengukuran (tes dan nontes); analisa data dan pelaporan hasil evaluasi, serta cara–cara
melakukan tes pengukuran dalam olahraga. Seyogyanya semua bidang pendidikan dan
pelatihan dapat memuat semua aspek/ ranah dalam pengajaran maupun pelatihan dan
tentu saja semua aspek/ ranah itu juga menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan
evaluasi