Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses sains pada siswa kelas V-B sdn 045 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). subjek penelitian adalah 31 siswa, siswa laki-laki berjumlah 16 siswa dan perempuan berjumlah 15 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, aktivitas siswa, penelitian kognitif dan psikomotorik.hasil penelitian dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses sains dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V-B SDN 045 Tarakan. pada siklus I ketuntasan hasil belajar aspek kognitif sebesar 54,839% menjadi 90,322% pada siklus II, aspek psikomotorik siklus II sebesar 64,516% menjadi 100% pada siklus. maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses sains dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V-B SDN 045 Tarakan.