Repo Dosen ULM

PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V-B SDN 045 TARAKAN

Show simple item record

dc.date.accessioned 2023-04-19T05:40:23Z
dc.date.available 2023-04-19T05:40:23Z
dc.date.issued 2018-05-01
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/28815
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses sains pada siswa kelas V-B sdn 045 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). subjek penelitian adalah 31 siswa, siswa laki-laki berjumlah 16 siswa dan perempuan berjumlah 15 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, aktivitas siswa, penelitian kognitif dan psikomotorik.hasil penelitian dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses sains dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V-B SDN 045 Tarakan. pada siklus I ketuntasan hasil belajar aspek kognitif sebesar 54,839% menjadi 90,322% pada siklus II, aspek psikomotorik siklus II sebesar 64,516% menjadi 100% pada siklus. maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses sains dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V-B SDN 045 Tarakan. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Lensa (Lentera Sains):Jurnal Pendidikan IPA en_US
dc.title PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V-B SDN 045 TARAKAN en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account