Abstract:
Tujuan penelitian ini menguji keefektifan bimbingan kelompok dengan permainan egrang batok kelapa mampu meningkatkan karakter kerja keras siswa kelas VII SMP Negeri 25 Banjarmasin yang lahir pada zaman generasi Z. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 25 Banjarmasin. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari angket karakter kerja keras dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 8 orang, 4 orang sebagai kelompok treatment dan 4 orang sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji Mann-Whitney Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan karakter jerja keras sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok dengan Asymp. Sig (2-tailed)/ Significance (0,021 < 0,05). Ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan permainan egrang batok kelapa efektif dalam meningkatkan karakter kerja keras generasi Z.