Abstract:
Tujuan pendidikan seni pada anak usia dini dalam pelaksanaannya lebih mengutam
akan proses daripada hasil,
dengan penekanan segi proses maka sasaran belajar pendidikan seni tidak menghar
apkan anak didik menjadi seniman, melainkan sebagai wahana berekspresi dan beri
majinasi, berkreasi sekaligus yang dapat menimbulkan rasa senang pada anak. Seni
tari tradisional merupakan salah satu produk kebudayaan yang banyak dihasilkan
masyarakat Indonesia di masa lampau, Salah satu seni tari tradisional tersebut adalah
tari ronggeng paser. Tari Ronggeng sebagai media pembelajaran untuk mendukung
perkembangan sosial emosional PAUD dengan pertimbangan, Gerakan sederhana
dan sedikit, sehingga mudah dicontoh dan dilakukan anak-anak usia dini baik
perorangan maupun berkelompok, Berdasarkan hal tersebut, penggalian data dengan,
1)Metode Pembelajaran, 2)Implementasi, 3)Strategi, 4)Perilaku perkembangan yang
muncul, peneliti memilih dua lembaga PAUD tersebut karna memiliki program
unggulan dalam Kurikulumnya yang bermuatan seni tari ronggeng paser yaitu di
TK Kartika V-14 Tanah Grogot dan TK Kuncup Harapan Tanah Grogot Kalimantan
Timur.
Kata Kunci: Seni, Tari Rongeng Paser, Perkembangan Sosial Emosional