Repo Dosen ULM

Implementasi Seni Tari Ronggeng Paser Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Show simple item record

dc.contributor.author DARMIYATI, DARMIYATI
dc.date.accessioned 2023-04-05T23:02:38Z
dc.date.available 2023-04-05T23:02:38Z
dc.date.issued 2022-12-26
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27913
dc.description.abstract Tujuan pendidikan seni pada anak usia dini dalam pelaksanaannya lebih mengutam akan proses daripada hasil, dengan penekanan segi proses maka sasaran belajar pendidikan seni tidak menghar apkan anak didik menjadi seniman, melainkan sebagai wahana berekspresi dan beri majinasi, berkreasi sekaligus yang dapat menimbulkan rasa senang pada anak. Seni tari tradisional merupakan salah satu produk kebudayaan yang banyak dihasilkan masyarakat Indonesia di masa lampau, Salah satu seni tari tradisional tersebut adalah tari ronggeng paser. Tari Ronggeng sebagai media pembelajaran untuk mendukung perkembangan sosial emosional PAUD dengan pertimbangan, Gerakan sederhana dan sedikit, sehingga mudah dicontoh dan dilakukan anak-anak usia dini baik perorangan maupun berkelompok, Berdasarkan hal tersebut, penggalian data dengan, 1)Metode Pembelajaran, 2)Implementasi, 3)Strategi, 4)Perilaku perkembangan yang muncul, peneliti memilih dua lembaga PAUD tersebut karna memiliki program unggulan dalam Kurikulumnya yang bermuatan seni tari ronggeng paser yaitu di TK Kartika V-14 Tanah Grogot dan TK Kuncup Harapan Tanah Grogot Kalimantan Timur. Kata Kunci: Seni, Tari Rongeng Paser, Perkembangan Sosial Emosional en_US
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.subject Research Subject Categories::SOCIAL SCIENCES::Social sciences::Education en_US
dc.title Implementasi Seni Tari Ronggeng Paser Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account