Abstract:
ABSTRAK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat baca siswa dan upaya sekolah
untuk meningkatkan minat baca di SMA Negeri 1 Karang Intan Kabupaten Banjar Kalimantan
Selatan. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data adalah
guru, pengelola perpustakaan dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara
dan angket. Data hasil penelitian dianaisis dengan teknik analisis model interaktif (interactive
model of analysis) dari Miles dan Huberman. Pada model analaisis interaktif ini peneliti bergerak
pada tiga komponen, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan
penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat baca siswa
di SMA Negeri 1 Karang Intan masih sangat kurang. Dari hasil angket yang dibagikan, minat
baca siswa diketahui 26% dengan kriteria sangat rendah, 58% dengan kriteria rendah, 14%
dengan kriteria tinggi dan hanya 2% yang berkriteria sangat tinggi. Upaya yang dilakukan oleh
pihak sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa adalah melaksanakan program “Jum’at
Literasi” yang dilaksanakan setiap bulan. Namun ke depannya pengelola perpustakaan
akan mendigitalisasikan buku-buku yang ada diperpustakaan menjadi e-book. Dengan demikian
siswa lebih mudah mengakses di gawai masing-masing
Kata kunci: Literasi, Minat baca, siswa