Abstract:
Berpikir geometris memiliki peran yang sangat penting untuk mengembangkan berpikir
matematis siswa. Untuk mengetahui berpikir geometris siswa diperlukan suatu masalah yang dapat
mengidentifikasi berpikir geometris. Masalah tersebut harus sesuai dengan tujuan yang akan diukur,
memenuhi validitas dan reliabilitas sebagai alat penilaian. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh
rancangan masalah matematika untuk dapat mengidentifikasi berpikir geometris yang valid dan
reliabel. Metode diskriptif digunakan dalam penelitian ini. Ada 6 orang sebagai validator dan 3 orang
siswa SMP untuk uji coba. Hasilnya diperoleh prototipe masalah yang dirancang memperhatikan aspek
materi sesuai dengan tingkat siswa SMP dan memunculkan aktivitas visualisasi, konstruksi dan
penalaran. Aspek konstruksi dimana masalah tidak menimbulkan penafsiran ganda, jelas maksudnya
dan menggunakan kata tanya/ perintah yang penyelesaiannya berupa uraian. Aspek bahasa dimana
bahasanya komunikatif, mudah dipahami dan sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benarserta
memenuhi kriteria keterbacaan