Repo Dosen ULM

Rancangan Masalah Matematika Untuk Mengidentifikasi Berpikir Geometris Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.date.accessioned 2023-02-09T01:22:46Z
dc.date.available 2023-02-09T01:22:46Z
dc.date.issued 2018-04
dc.identifier.citation Fajriah, N. (2018). Rancangan masalah matematika untuk mengidentifikasi berpikir geometris siswa. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 39-50. en_US
dc.identifier.issn 2527-5607
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27106
dc.description.abstract Berpikir geometris memiliki peran yang sangat penting untuk mengembangkan berpikir matematis siswa. Untuk mengetahui berpikir geometris siswa diperlukan suatu masalah yang dapat mengidentifikasi berpikir geometris. Masalah tersebut harus sesuai dengan tujuan yang akan diukur, memenuhi validitas dan reliabilitas sebagai alat penilaian. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh rancangan masalah matematika untuk dapat mengidentifikasi berpikir geometris yang valid dan reliabel. Metode diskriptif digunakan dalam penelitian ini. Ada 6 orang sebagai validator dan 3 orang siswa SMP untuk uji coba. Hasilnya diperoleh prototipe masalah yang dirancang memperhatikan aspek materi sesuai dengan tingkat siswa SMP dan memunculkan aktivitas visualisasi, konstruksi dan penalaran. Aspek konstruksi dimana masalah tidak menimbulkan penafsiran ganda, jelas maksudnya dan menggunakan kata tanya/ perintah yang penyelesaiannya berupa uraian. Aspek bahasa dimana bahasanya komunikatif, mudah dipahami dan sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benarserta memenuhi kriteria keterbacaan en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) en_US
dc.title Rancangan Masalah Matematika Untuk Mengidentifikasi Berpikir Geometris Siswa en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account