Abstract:
. Pembelajaran saat ini seharusnya menunjuk pada proses belajar yang menempatkan
siswa sebagai center stage performance. Metode PQ4R memiliki kelebihan dapat membuat siswa
belajar secara mandiri dan aktif dalam proses pembelajaran. Maka dilakukan penelitian yang
bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan apakah terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil
belajar matematika siswa dengan menggunakan metode PQ4R dan metode ekspositori dan respon
siswa terhadap pembelajaran menggunakan metode PQ4R. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan membandingkan dua kelas dengan perlakuan yang berbeda. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan yaitu memilih kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII
B sebagai kelas eksperimen dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, dokumentasi, tes dan respon. Teknik analisis data dengan
menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
rata-rata hasil belajar siswa menggunakan metode PQ4R dan ekspositori berkualifikasi baik, tidak
ada yang perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi pembelajaran menggunakan metode
PQ4R dengan ekspositori, dan siswa memberikan respon setuju terhadap pembelajaran
matematika menggunakan metode PQ4R