Repo Dosen ULM

Penerapan Metode PQ4R dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP

Show simple item record

dc.contributor.author Yuliana, Ira
dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.date.accessioned 2023-02-09T01:22:35Z
dc.date.available 2023-02-09T01:22:35Z
dc.date.issued 2013-10
dc.identifier.citation Yuliana, I., & Fajriah, N. (2013). Penerapan metode PQ4R dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1),27-33 en_US
dc.identifier.issn 2597-9051
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27105
dc.description.abstract . Pembelajaran saat ini seharusnya menunjuk pada proses belajar yang menempatkan siswa sebagai center stage performance. Metode PQ4R memiliki kelebihan dapat membuat siswa belajar secara mandiri dan aktif dalam proses pembelajaran. Maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan apakah terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode PQ4R dan metode ekspositori dan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan metode PQ4R. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan membandingkan dua kelas dengan perlakuan yang berbeda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu memilih kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, tes dan respon. Teknik analisis data dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa menggunakan metode PQ4R dan ekspositori berkualifikasi baik, tidak ada yang perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi pembelajaran menggunakan metode PQ4R dengan ekspositori, dan siswa memberikan respon setuju terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode PQ4R en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika FKIP ULM en_US
dc.title Penerapan Metode PQ4R dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account