Abstract:
Perkembangan zaman semakin pesat, media pembelajaran yang dulunya hanya konvensional kini muncul media
pembelajaran interaktif. Pada saat ini pembelajaran di kelas dilakukan secara daring karena pandemi Covid-19. Media
pembelajaran interaktif berbasis web dapat menjadi alat bantu guru mengajar secara daring. Tujuan peneIitian ini adaIah
untuk mengembangkan media pembeIajaran interaktif berbasis web dan mengetahui tingkat keIayakannya yang diukur dari
kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Alur penyajian materi pada media pembelajaran ini menggunakan metode Problem
Based Learning (PBL). Jenis peneIitian ini adaIah Research and DeveIopment dan modeI pengembangan aplikasi ini adaIah
ADDIE. Teknologi yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah HTML, CSS, Javascript, Flash,
dan Scratch. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yang diukur dari skala Likert. Hasil validasi materi adalah
74,19% dan hasil validasi media adalah 73,21 %, artinya kevalidan masuk dalam kategori valid. Selanjutnya media
pembelajaran di ujicoba ke peserta didik dengan desain penelitian one group pretest posttest, hasil ujicoba pretest dan
posttest diukur dengan n-gain, skor n-gain yang diperoleh adalah 0,32, artinya keefektifan termasuk dalam kategori sedang.
Tahap akhir adalah mengetahui respon guru dan peserta didik seteIah menggunakan media pembeIajaran tersebut, hasil
respon peserta didik adalah 85,37 %, dan hasil respon guru adalah 88,39 % yang artinya kepraktisan masuk dalam kategori
sangat positif.