Repo Dosen ULM

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP KELAS VIII DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING.

Show simple item record

dc.contributor.author Arman
dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.contributor.author Wira, Nuruddin
dc.date.accessioned 2023-02-09T01:21:16Z
dc.date.available 2023-02-09T01:21:16Z
dc.date.issued 2021-06
dc.identifier.citation Arman, A., Fajriah, N., & Wiranda, N. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP KELAS VIII DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Computer Science and Education Journal, 1(1),60-70 en_US
dc.identifier.issn 2808-2397
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27097
dc.description.abstract Perkembangan zaman semakin pesat, media pembelajaran yang dulunya hanya konvensional kini muncul media pembelajaran interaktif. Pada saat ini pembelajaran di kelas dilakukan secara daring karena pandemi Covid-19. Media pembelajaran interaktif berbasis web dapat menjadi alat bantu guru mengajar secara daring. Tujuan peneIitian ini adaIah untuk mengembangkan media pembeIajaran interaktif berbasis web dan mengetahui tingkat keIayakannya yang diukur dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Alur penyajian materi pada media pembelajaran ini menggunakan metode Problem Based Learning (PBL). Jenis peneIitian ini adaIah Research and DeveIopment dan modeI pengembangan aplikasi ini adaIah ADDIE. Teknologi yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah HTML, CSS, Javascript, Flash, dan Scratch. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yang diukur dari skala Likert. Hasil validasi materi adalah 74,19% dan hasil validasi media adalah 73,21 %, artinya kevalidan masuk dalam kategori valid. Selanjutnya media pembelajaran di ujicoba ke peserta didik dengan desain penelitian one group pretest posttest, hasil ujicoba pretest dan posttest diukur dengan n-gain, skor n-gain yang diperoleh adalah 0,32, artinya keefektifan termasuk dalam kategori sedang. Tahap akhir adalah mengetahui respon guru dan peserta didik seteIah menggunakan media pembeIajaran tersebut, hasil respon peserta didik adalah 85,37 %, dan hasil respon guru adalah 88,39 % yang artinya kepraktisan masuk dalam kategori sangat positif. en_US
dc.publisher Pendidikan Ilmu Komputer en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP KELAS VIII DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account