Abstract:
Pembelajaran secara daring menjadi pilihan di masa pandemi COVID-19 sehingga guru tidak dapat
melihat langsung aktivitas peserta didiknya. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar yang menarik
dan memfasilitasi peserta didik belajar mandiri. Berdasarkan hal tersebut maka dikembangkan
LKPD elektronik materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku berbasis
etnomatematika pada bangunan cagar budaya Kota Banjarmasin. Tujuan dalam penelitian ini adalah
menghasilkan LKPD tersebut yang valid. Penelitian ini menggunakan metode research and
development (R&D) dengan model 4D, namun dilakukan hanya sampai tiga tahap yaitu define,
design, dan develop. Hasil validasi materi berdasarkan aspek: format, isi, bahasa, dan kebudayaan
dinyatakan valid. Adapun berdasarkan validasi media yang dilihat dari aspek: desain dan
kemudahan pengoperasian juga dikategorikan valid, Jadi diperoleh LKPD elektronik berbasis
etnomatematika pada bangunan cagar budaya Kota Banjarmasin yang valid. LKPD elektronik masih
perlu diujicobakan ke peserta didik sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.