Abstract:
Objek-objek yang dibahas dalam materi geometri memang tidak asing lagi bagi
siswa sehingga diharapkan mereka tidak mendapat kesulitan dalam belajar geometri di
sekolah. Kenyataannya, siswa SMP di Cyprus dan Malaysia mengalami kesulitan, antara lain
mengenai materi: sudut yang terbentuk dari garis yang memotong garis sejajar, visualisasi,
penalaran formal, mengkonstruksi bangun geometris, istilah geometri. Berdasarkan kenyataan
tersebut, terlihat ada masalah dalam pembelajaran geometri di SMP sehingga diperlukan cara- cara untuk mengatasinya. Pembahasan ini dibatasi untuk menentukan kriteria berpikir
geometris siswa SMP. Diharapkan dengan mengetahui kriteria berpikir geometris siswa maka
dapat diruntut kelemahan geometri sehingga akhirnya dapat membantu mereka untuk
meningkatkan kemampuan geometrisnya. Adapun kriteria-kriteria berpikir geometris siswa
SMP dalam menyelesaikan masalah geometri adalah mengillustrasikan objek geometri
berdasarkan deskripsi verbal atau sebaliknya, menjelaskan objek geometri berdasarkan
deskripsi verbal atau sebaliknya, menggambarkan objek geometri berdasarkan sifat-sifatnya
dengan menggunakan alat yang sesuai, mengidentifikasi konse-konsep geometri, menentukan
dan menjelaskan hubungan antar konsep geometri, menjelaskan alasan-alasan yang diperlukan
untuk menarik kesimpulan.