Repo Dosen ULM

Kriteria Berpikir Geometris Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Geometri

Show simple item record

dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.date.accessioned 2023-02-09T01:20:55Z
dc.date.available 2023-02-09T01:20:55Z
dc.date.issued 2015-08
dc.identifier.citation Fajriah, N. (2015). Kriteria Berpikir Geometris Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2),110-115 en_US
dc.identifier.issn 2442-3041
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27095
dc.description.abstract Objek-objek yang dibahas dalam materi geometri memang tidak asing lagi bagi siswa sehingga diharapkan mereka tidak mendapat kesulitan dalam belajar geometri di sekolah. Kenyataannya, siswa SMP di Cyprus dan Malaysia mengalami kesulitan, antara lain mengenai materi: sudut yang terbentuk dari garis yang memotong garis sejajar, visualisasi, penalaran formal, mengkonstruksi bangun geometris, istilah geometri. Berdasarkan kenyataan tersebut, terlihat ada masalah dalam pembelajaran geometri di SMP sehingga diperlukan cara- cara untuk mengatasinya. Pembahasan ini dibatasi untuk menentukan kriteria berpikir geometris siswa SMP. Diharapkan dengan mengetahui kriteria berpikir geometris siswa maka dapat diruntut kelemahan geometri sehingga akhirnya dapat membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan geometrisnya. Adapun kriteria-kriteria berpikir geometris siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri adalah mengillustrasikan objek geometri berdasarkan deskripsi verbal atau sebaliknya, menjelaskan objek geometri berdasarkan deskripsi verbal atau sebaliknya, menggambarkan objek geometri berdasarkan sifat-sifatnya dengan menggunakan alat yang sesuai, mengidentifikasi konse-konsep geometri, menentukan dan menjelaskan hubungan antar konsep geometri, menjelaskan alasan-alasan yang diperlukan untuk menarik kesimpulan. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika STKIP BAnjarmasin en_US
dc.title Kriteria Berpikir Geometris Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Geometri en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account