Abstract:
Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan asesmen alternatif dalam
pembelajaran matematika konteks lingkungan lahan basah. Metode penelitian pengembangan
Thiagarajan, semmel, dan semmel dengan 4 tahapan yang diadaptasi oleh Al-tabany, tetapi,
pada penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan yaitu sampai pada kegiatan uji coba
one to one kepada kelompok kecil. Uji coba dilakukan kepada 3 orang siswa tingkat SMP/MTs
di Banjarmasin yang mewakili tiga kemampuan yaitu tinggi, sedang, dan rendah serta dua
orang pendidik matematika untuk mengetahui respon terhadap asesmen yang disusun. Jadi
asesmen alternatif yang disusun hanya diuji validitas secara konten oleh ahli dan respon
terbatas siswa dan pendidiknya. Dalam penelitian ini, analisis data menggunakan teknik
analisis statistika deskriptif. Asesmen alternatif yang dikembangkan setelah melalui uji
validitas konten dan respon terbatas dapat dikategorikan layak secara konten dan memperoleh
respon positif dari siswa dan pendidik. Produk yang dihasilkan belum sampai pada ujicoba
secara empiris sehingga belum diketahui validitas dan reliabilitasnya