Abstract:
PKPA berbasis experiential learning dalam pendidikan profesi apoteker menjadi salah satu elemen
mendasar yang membantu mahasiswa untuk mendapatkan lebih banyak keterampilan dan kebiasaan kerja,
serta meningkatkan pengetahuan dan sikap yang diperlukan untuk praktek kefarmasian. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan presepsi mahasiswa program studi pendidikan profesi apoteker terkait
pelaksanaan PKPA berbasis experiential learning. Penelitian ini merupakan survey deksriptif dengan
rancangan cross sectional melalui survey online dengan menggunakan google form. Subjek penelitian
adalah mahasiswa aktif program studi Pendidikan Profesi Apoteker FMIPA ULM angkatan X yang telah
selesai melaksanakan PKPA dengan teknik pengambilan sampel berupa total sampling. Analisis data
yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total mahasiswa yang
terlibat sebanyak 40 orang dengan 80% berjenis kelamin perempuan, 80% mahasiswa tidak pernah
memiliki pengalaman bekerja sebelumnya, 27,5% mahasiswa berencana untuk berpraktek di klinik atau
rumah sakit, dan 60% mahasiswa memiliki keluarga yang berprofesi tenaga kesehatan. Persepsi
mahasiswa terkait pelaksanaan PKPA berbasis experiential learning meliputi kejelasan maksud dan
tujuan, skill dan pengetahuan, preseptor PKPA, instansi PKPA, serta struktur PKPA menunjukkan
persepsi yang positif. Meskipun dibeberapa poin masih terdapat pendapat netral ataupun mengarah
kepada persepsi yang negatif.
Kata kunci : Apoteker, Experiential Learning, Persepsi, Praktek Kerja