Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara nilai keterampilan
mahasiswa pendidikan geografi menyusun RPP dan nilai PLP guru pamong. Populasi
sekaligus sampel adalah mahasiswa pendidikan geografi peserta PLP tahun 2021
berjumlah 64 orang. Penilaian keterampilan menyusun RPP berdasarkan buku
panduan PLP fkip ulm dan nilai PLP guru pamong di peroleh dari masing-masing guru
pamong mahasiswa di sekolah. Analisis data menggunakan korelasi pearson dengan
prayarat data terdistribusi normal. Hasil analisis menunjukkan hubungan antara nilai
keterampilan menyusun RPP dengan nilai PLP adalah 0,532 yang berarti hubungan
korelasi sedang. Nilai p-value sebesar 0,00 (<0,05), maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan positif sedang antara nilai keterampilan menyusun RPP dengan
nilai PLP yang diperoleh mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki keterampilan
menyusun RPP baik maka nilai PLPnya juga akan baik.