Abstract:
Tingkat literasi siswa Indonesia menurut PISA sangat jauh tertinggal dari negara lain. Hal ini
membuat kemampuan siswa Indonesia dalam mengolah sains jauh tertinggal dari negara lain.
Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis perbedaan keterampilan proses yang dimiliki peserta
didik laki-laki dan perempuan di sekolah dasar negeri dan madrasah ibtidaiyah swasta.
Penelitian ini menggunakan jenis metode survei kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di dua
sekolah dasar negeri (SDN) dan dua sekolah ibtidaiyah (MIS) swasta. Poppulasi penelitian ini
berjumlah 35 orang per kelas. Instrumen dalam penelitian ini adalah keterampilan proses (PS).
Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu survey dan kuesioner. Hasil jawaban
angket siswa pada PS dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil
penelitian yaitu terdapat perbedaan keterampilan proses yang signifikan antara peserta didik
laki-laki dan perempuan di madasah ibtidaiyah swasta. Dengan dilakukan penelitian ini, akan
berdampak dalam memaparkan tingkat perbedaan keterampilan proses antara peserta didik
laki-laki dan perempuan antara sekolah negeri dan swasta.