Abstract:
Abstrak. Telah dilakukan penelitian untuk menghasilkan perangkat
pembelajaran ARE (awareness, regulation and evaluation) berbasis masalah
kelarutan dan hasil kali kelarutan yang valid, praktis dan efektif. Model
penelitian pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall. Setelah
divalidasi oleh 5 validator, dilakukanlah ujicoba perorangan, ujicoba
kelompok kecil dan ujicoba lapangan pada kelas XI IPA 1 sebanyak 35
peserta didik dan XI IPA 4 sebanyak 35 peserta didik. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi para ahli, angket
respon, dan tes hasil belajar kognisi dan keterampilan metakognisi peserta
didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas perangkat pembelajaran
termasuk dalam kategori sangat valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran
dilihat dari hasil keterlaksanaan pembelajaran di kelas dan respon peserta
didik yang memiliki kategori positif. Keefektifan dilihat dari hasil belajar
kognisi dan keterampilan metakognisi pada kedua kelas dalam kategori
sedang. Disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah
dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif, sehingga
layak digunakan dalam pembelajaran kimia di sekolah.
Kata kunci: awareness, regulation and evaluation, kognisi, keterampilan
metakognisi