Repo Dosen ULM

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN AWARENESS, REGULATION AND EVALUATION BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KOGNISI DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK PADA KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Show simple item record

dc.contributor.author SYAHMANI, SYAHMANI
dc.date.accessioned 2022-09-28T01:29:23Z
dc.date.available 2022-09-28T01:29:23Z
dc.date.issued 2022-08-05
dc.identifier.issn 2086-7328
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/25599
dc.description.abstract Abstrak. Telah dilakukan penelitian untuk menghasilkan perangkat pembelajaran ARE (awareness, regulation and evaluation) berbasis masalah kelarutan dan hasil kali kelarutan yang valid, praktis dan efektif. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall. Setelah divalidasi oleh 5 validator, dilakukanlah ujicoba perorangan, ujicoba kelompok kecil dan ujicoba lapangan pada kelas XI IPA 1 sebanyak 35 peserta didik dan XI IPA 4 sebanyak 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi para ahli, angket respon, dan tes hasil belajar kognisi dan keterampilan metakognisi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori sangat valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil keterlaksanaan pembelajaran di kelas dan respon peserta didik yang memiliki kategori positif. Keefektifan dilihat dari hasil belajar kognisi dan keterampilan metakognisi pada kedua kelas dalam kategori sedang. Disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran kimia di sekolah. Kata kunci: awareness, regulation and evaluation, kognisi, keterampilan metakognisi en_US
dc.publisher UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT en_US
dc.subject Research Subject Categories::SOCIAL SCIENCES en_US
dc.title PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN AWARENESS, REGULATION AND EVALUATION BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KOGNISI DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK PADA KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account