Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran kolaboratif terintegrasi kecerdasan majemuk dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika dan pemahaman konsep pada kelas eksperimen di SMA Negeri 5 Banjarmasin. Penelitian ini menerapkan metode penelitian eksperimen tipe pretest-postest control group design. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai
kelas kontrol. Kelas kontrol belajar menggunakan metode konvensional, sedangkan kelas eksperimen diberikan strategi pembelajaran kolaboratif terintegrasi kecerdasan majemuk. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes berupa ovservasi dan angket kecerdasan majemuk. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan analisis deskriptif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kolaboratif terintegrasi kecerdasan majemuk efektif dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika dan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol.