dc.contributor.author |
Pertiwi, Hening |
|
dc.contributor.author |
Winarti, Atiek |
|
dc.contributor.author |
Mahdian, Mahdian |
|
dc.date.accessioned |
2022-08-08T01:18:54Z |
|
dc.date.available |
2022-08-08T01:18:54Z |
|
dc.date.issued |
2017-10-01 |
|
dc.identifier.issn |
e-ISSN : 2550-0716 |
|
dc.identifier.issn |
p-ISSN : 2086-7328 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/25059 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran kolaboratif terintegrasi kecerdasan majemuk dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika dan pemahaman konsep pada kelas eksperimen di SMA Negeri 5 Banjarmasin. Penelitian ini menerapkan metode penelitian eksperimen tipe pretest-postest control group design. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai
kelas kontrol. Kelas kontrol belajar menggunakan metode konvensional, sedangkan kelas eksperimen diberikan strategi pembelajaran kolaboratif terintegrasi kecerdasan majemuk. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes berupa ovservasi dan angket kecerdasan majemuk. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan analisis deskriptif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kolaboratif terintegrasi kecerdasan majemuk efektif dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika dan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. |
en_US |
dc.publisher |
Quantum : Jurnal Inovasi Pendidikan Sains |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Vol 8 No 2;report |
|
dc.subject |
kolaboratif, kecerdasan majemuk, logika matematika, pemahaman konsep, kelarutan dan hasil kali kelarutan |
en_US |
dc.title |
Turnitin artikel : Strategi Pembelajaran Kolaboratif Terintegrasi Kecerdasan Majemuk dan Hubungannya dengan Kecerdasan Logika Matematika dan Pemahaman Konsep pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |