Abstract:
Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model inkuiri terbimbing materi redoks pada siswa kelas X Sosial 2 SMA Negeri 2 Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: aktivitas guru, aktivitas siswa, afektif siswa, psikomotor siswa, dan hasil belajar siswa;. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian
tindakan kelas dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Sosial 2 SMA Negeri 2 Banjarmasin dengan jumlah 34 orang. Hasil penelitian menyatakan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dengan persentase 73,58% (baik) pada siklus I menjadi 92,96% (sangat baik) pada siklus II, peningkatan aktivitas siswa dengan persentase 52,09% (cukup aktif) pada siklus I menjadi 81,21% (aktif) pada siklus II, peningkatan aspek afektif dan keterampilan karakter serta keterampilan sosial dari 52,82% (cukup) dan 59,80% (cukup) pada siklus I menjadi 79,41% (baik) dan 82,35% (baik) pada siklus II, peningkatan aspek psikomotor dengan skor 67,75 (kurang) pada siklus I menjadi 80,25 (terampil) pada siklus II, skor hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72,76 (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 83,70 (baik)