Abstract:
Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berupa LKPD berbasis masalah open ended pada materi trigonometri untuk menunjang pembelajaran daring dan menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik kelas X serta mengetahui respon dari guru dan peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D, namun tahapan yang dilakukan terbatas pada tahap define, design, dan develop. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar validasi serta angket respon guru dan peserta didik. Validasi dilakukan oleh tiga orang ahli dan angket respon di uji responkan kepada lima orang guru dan lima orang peserta didik. Data yang didapat akan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Skor yang didapat dari lembar validasi adalah 88,14% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan skor yang didapat dari angket respon guru adalah jumlah guru yang nilainya masuk pada kategori praktis lebih dari jumlah guru yang nilainya masuk pada kategori tidak praktis dan skor yang didapat dari angket respon peserta didik adalah jumlah peserta didik yang nilainya masuk pada kategori terbaca lebih dari jumlah peserta didik yang nilainya masuk pada kategori tidak terbaca. Artinya LKPD memenuhi kriteria kepraktisan dan keterbacaan.