Abstract:
Salah satu materi matematika yang dianggap sulit adalah materi program linear dan siswa sering melakukan berbagai kesalahan dalam menyelesaikan persoalannya. Materi ini mempunyai peranan yang sangat penting, karena memuat permasalahan-permasalahan kontekstual yang sesuai dengan kehidupan sehari- hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang sering kali dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal program linear berdasarkan kriteria Watson. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kecamatan Banjarmasin Utara. Pengumpulan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan simple random sampling dengan sampel penelitian kelas XI MIPA 1, XI MIPA 4, dan XI MIPA 5 pada SMAN 5 Banjarmasin, kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 pada SMAN 11 Banjarmasin, serta kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 pada SMAN 12 Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berupa soal uraian dan dianalisis berdasarkan kriteria Watson. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan kategori kecil terjadi pada kesalahan data hilang, kesimpulan hilang, prosedur tidak tepat, dan masalah hierarki keterampilan, sedangkan kategori sangat kecil terjadi pada kesalahan konflik level respon, selain ketujuh kategori, manipulasi tidak langsung, dan data tidak tepat.