Repo Dosen ULM

ANALISIS KESALAHAN DITINJAU DARI JAWABAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR BERDASARKAN KRITERIA WATSON PADA SISWA SMA NEGERI SE-BANJARMASIN UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Khusnatun
dc.contributor.author Danaryanti, Agni
dc.contributor.author Sari, Asdini
dc.date.accessioned 2022-07-26T02:45:19Z
dc.date.available 2022-07-26T02:45:19Z
dc.date.issued 2020-06-21
dc.identifier.citation enelitian Nilasari (2014) dengan judul “Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Watson dalam Menyelesaikan Soal- Soal Himpunan di Kelas VII D SMP Negeri 11 Jember” menunjukkan bahwa masalah hierarki keterampilan menjadi kesalahan utama yang dilakukan siswa dikarenakan siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan. en_US
dc.identifier.issn 2807-5455
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24873
dc.description.abstract Salah satu materi matematika yang dianggap sulit adalah materi program linear dan siswa sering melakukan berbagai kesalahan dalam menyelesaikan persoalannya. Materi ini mempunyai peranan yang sangat penting, karena memuat permasalahan-permasalahan kontekstual yang sesuai dengan kehidupan sehari- hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang sering kali dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal program linear berdasarkan kriteria Watson. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kecamatan Banjarmasin Utara. Pengumpulan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan simple random sampling dengan sampel penelitian kelas XI MIPA 1, XI MIPA 4, dan XI MIPA 5 pada SMAN 5 Banjarmasin, kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 pada SMAN 11 Banjarmasin, serta kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 pada SMAN 12 Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berupa soal uraian dan dianalisis berdasarkan kriteria Watson. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan kategori kecil terjadi pada kesalahan data hilang, kesimpulan hilang, prosedur tidak tepat, dan masalah hierarki keterampilan, sedangkan kategori sangat kecil terjadi pada kesalahan konflik level respon, selain ketujuh kategori, manipulasi tidak langsung, dan data tidak tepat. en_US
dc.publisher Prosiding Konferensi National Pendidikan I FKIP Universitas Muhammdiyah Banjarmasin en_US
dc.relation.ispartofseries 1;1
dc.subject analisis kesalahan en_US
dc.subject program linear en_US
dc.subject kriteria Watson en_US
dc.title ANALISIS KESALAHAN DITINJAU DARI JAWABAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR BERDASARKAN KRITERIA WATSON PADA SISWA SMA NEGERI SE-BANJARMASIN UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Prosiding [848]
    Repositori untuk bidang Prosiding

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account