Abstract:
Pada saat pembelajaran secara online, peserta didik diharuskan agar
mampu belajar secara mandiri. Namun, materi pembelajaran yang disampaikan
secara online kurang dipahami oleh peserta didik ketika belajar secara mandiri di
rumah. Oleh sebab itu, dibutuhkan sarana pembelajaran agar dapat mengatasi
permasalahan tersebut. Salah satu perangkat pembelajaran yang bisa menunjang
peserta didik agar dapat belajar secara mandiri adalah modul pembelajaran. Modul
pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti dikemas secara elektronik dalam
format flipbook agar dapat diakses oleh semua orang, termasuk peserta didik. Modul
pembelajaran yang dikembangkan dikaitkan dengan lingkungan sekitar peserta didik,
yaitu budaya sekitar peserta didik. Pengaitan antara pembelajaran matematika dan
budaya sering disebut dengan etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk
membuat modul pembelajaran flipbook pada materi Aritmetika Sosial berbasis
etnomatematika Pasar Terapung yang valid. Penelitian ini mengadaptasi metode
Research and Development dan mengadaptasi model pengembangan 4-D yang
dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Tahapan dalam penelitian ini
adalah tahap define, design, dan develop. Kriteria kevalidan modul pembelajaran
flipbook ini dinilai berdasarkan hasil dari validasi ahli (expert appraisal) oleh tiga orang
validator menggunakan lembar validasi. Hasil uji validitas modul pembelajaran
flipbook yang dikembangkan memperoleh nilai validasi sebesar 88,98% yang
termasuk dalam kriteria sangat valid