Repo Dosen ULM

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FLIPBOOK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PASAR TERAPUNG

Show simple item record

dc.contributor.author Rahadhian, Liko Noor Rafianto
dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.contributor.author Suryaningsih, Yuni
dc.date.accessioned 2022-07-04T00:52:34Z
dc.date.available 2022-07-04T00:52:34Z
dc.date.issued 2022-04-15
dc.identifier.citation http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v10i1.12939 en_US
dc.identifier.issn ISSN: 2338-2759 (Print)
dc.identifier.issn ISSN: 2597-9051 (Online)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24784
dc.description.abstract Pada saat pembelajaran secara online, peserta didik diharuskan agar mampu belajar secara mandiri. Namun, materi pembelajaran yang disampaikan secara online kurang dipahami oleh peserta didik ketika belajar secara mandiri di rumah. Oleh sebab itu, dibutuhkan sarana pembelajaran agar dapat mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu perangkat pembelajaran yang bisa menunjang peserta didik agar dapat belajar secara mandiri adalah modul pembelajaran. Modul pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti dikemas secara elektronik dalam format flipbook agar dapat diakses oleh semua orang, termasuk peserta didik. Modul pembelajaran yang dikembangkan dikaitkan dengan lingkungan sekitar peserta didik, yaitu budaya sekitar peserta didik. Pengaitan antara pembelajaran matematika dan budaya sering disebut dengan etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk membuat modul pembelajaran flipbook pada materi Aritmetika Sosial berbasis etnomatematika Pasar Terapung yang valid. Penelitian ini mengadaptasi metode Research and Development dan mengadaptasi model pengembangan 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Tahapan dalam penelitian ini adalah tahap define, design, dan develop. Kriteria kevalidan modul pembelajaran flipbook ini dinilai berdasarkan hasil dari validasi ahli (expert appraisal) oleh tiga orang validator menggunakan lembar validasi. Hasil uji validitas modul pembelajaran flipbook yang dikembangkan memperoleh nilai validasi sebesar 88,98% yang termasuk dalam kriteria sangat valid en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin en_US
dc.subject Modul pembelajaran, flipbook, etnomatematika, Pasar Terapung en_US
dc.title PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FLIPBOOK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PASAR TERAPUNG en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account