Abstract:
Kemampuan berpikir tingkat tinggi diperlukan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa mengkonstruksi suatu jawaban. Pada studi ini, peneliti menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam mengkonstruksi salah satu jawaban tes yaitu mengkonstruksi representasi biner bilangan real pada mata kuliah Pengantar Analisis Real. Lima puluh dua mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Pengantar Analisis Real pada semester ganjil 2020/2021sebagai subjek penelitian ini. Data dikumpulkan dengan tes yang dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi create (C6). Terungkap bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa berada pada kategori cukup. Ini berarti sebagian besar mahasiswa belum mampu mengkonstruksi dan menganalisis informasi menjadi strategi yang tepat. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi acuan untuk proses perkuliahan dimana mahasiswa dibiasakan dengan pemberian soal yang berorientasi HOTS baik itu pada saat ujian maupun latihan-latihan soal perkuliahan untuk membantu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
Description:
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwakemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill(HOTS) mahasiswa pada mata kuliah pengantar analisis real Prodi Pendidikan Matematika FKIP ULM berada pada kategori cukup dengan sebaran memusat pada skor maksimal 2. Hasil penelitian
ini diharapkan dapat menjadi referensi maupun acuan dalam proses perkuliahan
dimana para mahasiswa dibiasakan dengan pemberian soal yang berorientsi
HOTS untuk membantu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tingginya.
Penelitian ini terbatas pada tahap mengetahui sejauh mana kemampuan
berpikir mahasiswa pada tingkat C6 (create/mencipta). Untuk selanjutnya
bisa dikembangkan bagaimana penerapan pembelajaran dengan
menggunakan instrumen berorientasipada HOTS.