Repo Dosen ULM

Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa dalam Mengkonstruksi Representasi Biner Bilangan Real

Show simple item record

dc.contributor.author Suryaningsih, Yuni
dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.date.accessioned 2022-07-04T00:49:07Z
dc.date.available 2022-07-04T00:49:07Z
dc.date.issued 2020-10-20
dc.identifier.citation https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JVK/article/view/10539 en_US
dc.identifier.issn 0215-9619 (print)
dc.identifier.issn 2614-7149 (online)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24762
dc.description Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwakemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill(HOTS) mahasiswa pada mata kuliah pengantar analisis real Prodi Pendidikan Matematika FKIP ULM berada pada kategori cukup dengan sebaran memusat pada skor maksimal 2. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi maupun acuan dalam proses perkuliahan dimana para mahasiswa dibiasakan dengan pemberian soal yang berorientsi HOTS untuk membantu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tingginya. Penelitian ini terbatas pada tahap mengetahui sejauh mana kemampuan berpikir mahasiswa pada tingkat C6 (create/mencipta). Untuk selanjutnya bisa dikembangkan bagaimana penerapan pembelajaran dengan menggunakan instrumen berorientasipada HOTS. en_US
dc.description.abstract Kemampuan berpikir tingkat tinggi diperlukan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa mengkonstruksi suatu jawaban. Pada studi ini, peneliti menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam mengkonstruksi salah satu jawaban tes yaitu mengkonstruksi representasi biner bilangan real pada mata kuliah Pengantar Analisis Real. Lima puluh dua mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Pengantar Analisis Real pada semester ganjil 2020/2021sebagai subjek penelitian ini. Data dikumpulkan dengan tes yang dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi create (C6). Terungkap bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa berada pada kategori cukup. Ini berarti sebagian besar mahasiswa belum mampu mengkonstruksi dan menganalisis informasi menjadi strategi yang tepat. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi acuan untuk proses perkuliahan dimana mahasiswa dibiasakan dengan pemberian soal yang berorientasi HOTS baik itu pada saat ujian maupun latihan-latihan soal perkuliahan untuk membantu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi en_US
dc.publisher Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University en_US
dc.subject Representasi biner; Taksonomi Bloom-C6; Kemampuan berpikir tingkat tinggi en_US
dc.title Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa dalam Mengkonstruksi Representasi Biner Bilangan Real en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account