Abstract:
Perangkat pembelajaran geometri yang akan dikembangkan antara lain LKPD dan media komik dengan konteks etnomatematika akan dikembangkan sebagai sarana literasi budaya lokal peserta didik dan alternatif perangkat pembelajaran yang dapat digunakan guru. Konteks budaya lokal yang akan digali adalah budaya Banjar terdiri dari bangunan, kerajinan tradisional, dan jajanan pasar yang erat kaitannya dengan lingkungan lahan basah. Perangkat pembelajaran tersebut diharapkan untuk memperkenalkan budaya lokal dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik di tingkat sekolah menengah pertama. Metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp empat tahap digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran geometri. Penelitian ini menghasilkan Perangkat pembelajaran geometri berbasis etnomatematika Masjid Jami Sungai Jingah yang berkualitas. Perangkat yang dikembangkan diharapkan memberi manfaat bagi guru dan peserta didik di sekolah menengah pertama dalam menggali budaya dalam pembelajaran geometri