Repo Dosen ULM

Laporan Penelitian - Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Kontek Etnomatemtika untuk Mendukung Ruang Literasi Budaya Lokal

Show simple item record

dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.contributor.author Suryaningsih, Yuni
dc.date.accessioned 2022-07-04T00:45:19Z
dc.date.available 2022-07-04T00:45:19Z
dc.date.issued 2020-11-30
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24740
dc.description.abstract Perangkat pembelajaran geometri yang akan dikembangkan antara lain LKPD dan media komik dengan konteks etnomatematika akan dikembangkan sebagai sarana literasi budaya lokal peserta didik dan alternatif perangkat pembelajaran yang dapat digunakan guru. Konteks budaya lokal yang akan digali adalah budaya Banjar terdiri dari bangunan, kerajinan tradisional, dan jajanan pasar yang erat kaitannya dengan lingkungan lahan basah. Perangkat pembelajaran tersebut diharapkan untuk memperkenalkan budaya lokal dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik di tingkat sekolah menengah pertama. Metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp empat tahap digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran geometri. Penelitian ini menghasilkan Perangkat pembelajaran geometri berbasis etnomatematika Masjid Jami Sungai Jingah yang berkualitas. Perangkat yang dikembangkan diharapkan memberi manfaat bagi guru dan peserta didik di sekolah menengah pertama dalam menggali budaya dalam pembelajaran geometri en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin en_US
dc.subject Geometri, LKPD, komik, etnomatematika en_US
dc.title Laporan Penelitian - Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Kontek Etnomatemtika untuk Mendukung Ruang Literasi Budaya Lokal en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account