Abstract:
Kemajuan teknologi telah diaplikasikan dalam pendidikan melalui pelaksanaan pembelajaran menggunakan e-learning. Konsep e-learning yang tidak terbatas ruang dan waktu dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan efisiensi proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya, e-learning membutuhkan suatu program Learning Management System (LMS) yang salah satu jenisnya adalah Moodle. Adanya media e-learning berbasis Moodle diharapkan dapat menunjang kualitas perkuliahan melalui penyampaian materi secara online, serta dapat mendorong mahasiswa untuk lebih aktif belajar secara mandiri sehingga lebih memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa peserta mata kuliah Teori Peluang terhadap penerapan media e-learning berbasis Moodle dan hasil penerapan media e-learning berbasis Moodle pada mata kuliah Teori Peluang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan subjek penelitian 41 orang mahasiswa peserta mata kuliah Teori Peluang di kelas B dan objek yang diteliti yaitu respon mahasiswa terhadap media e-learning berbasis Moodle Teori Peluang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif yaitu persentase. Adapun media yang diterapkan berupa situs e-learning berbasis Moodle yang dapat diakses pada halaman web http://emath.ulm.ac.id serta memuat materi perkuliahan Teori Peluang berdasarkan Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS), soal-soal latihan, serta fitur pelaksanaan UTS dan UAS Teori Peluang secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa peserta mata kuliah Teori Peluang memberikan respon sebesar 75,47% terhadap media dan hasil penerapan media berada pada kategori baik.