Abstract:
Abstrak. Peserta didik kesulitan dalam merefleksikan konsep atau materi
Koloid ke dalam kehidupan sehari-hari karena proses pembelajaran yang
bersifat menghafal. Keadaan tersebut mengakibatkan kemampuan berpikir
reflektif peserta didik harus ditingkatkan. Kegiatan pembelajaran harusnya
berupa pengujian gagasan dan penyelidikan (inquiry). Model pembelajaran
yang dapat diterapkan yakni model Five-stage Prediction Observation
Explanation Inquiry based Learning (FPOEIL). Penelitian tentang penerapan
model FPOEIL pada materi Koloid ini bertujuan untuk meningkatkan (1)
kemampuan berpikir reflektif dan (2) hasil belajar. Penelitian ini menggunakan
rancangan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus terdiri dari
empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan
refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri
6 Banjarmasin dengan jumlah 34 orang. Instrumen penelitian terdiri dari tes
hasil belajar pengetahuan dan berpikir reflektif serta angket sikap,
keterampilan, aktivitas guru dan peserta didik. Validitas instrumen tes yakni 1
dengan koefisien reliabilitas yakni 0,72 dan 0,78. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa (1) kemampuan berpikir reflektif meningkat dari kategori Cukup
Reflektif menjadi Reflektif dan (2) hasil belajar pengetahuan meningkat dari
47,06% menjadi 82,35%