Repo Dosen ULM

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif dan Hasil Belajar Melalui Implementasi Model FPOEIL

Show simple item record

dc.contributor.author Fedinafaliza, Fedinafaliza
dc.contributor.author Mahdian, Mahdian
dc.contributor.author Irhasyuarna, Yudha
dc.date.accessioned 2022-06-27T00:35:40Z
dc.date.available 2022-06-27T00:35:40Z
dc.date.issued 2020-12
dc.identifier.issn e-ISSN : 2613-9782
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24706
dc.description.abstract Abstrak. Peserta didik kesulitan dalam merefleksikan konsep atau materi Koloid ke dalam kehidupan sehari-hari karena proses pembelajaran yang bersifat menghafal. Keadaan tersebut mengakibatkan kemampuan berpikir reflektif peserta didik harus ditingkatkan. Kegiatan pembelajaran harusnya berupa pengujian gagasan dan penyelidikan (inquiry). Model pembelajaran yang dapat diterapkan yakni model Five-stage Prediction Observation Explanation Inquiry based Learning (FPOEIL). Penelitian tentang penerapan model FPOEIL pada materi Koloid ini bertujuan untuk meningkatkan (1) kemampuan berpikir reflektif dan (2) hasil belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 6 Banjarmasin dengan jumlah 34 orang. Instrumen penelitian terdiri dari tes hasil belajar pengetahuan dan berpikir reflektif serta angket sikap, keterampilan, aktivitas guru dan peserta didik. Validitas instrumen tes yakni 1 dengan koefisien reliabilitas yakni 0,72 dan 0,78. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir reflektif meningkat dari kategori Cukup Reflektif menjadi Reflektif dan (2) hasil belajar pengetahuan meningkat dari 47,06% menjadi 82,35% en_US
dc.publisher Jurnal of Chemistry and Education, JCAE en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 4 No 2;report
dc.subject berpikir reflektif en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.subject FPOEIL en_US
dc.title Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif dan Hasil Belajar Melalui Implementasi Model FPOEIL en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account