Abstract:
Abstrak. Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model POE pada materi
hidrolisis garam di kelas XI-MIA 2 MAN Kelua tahun pelajaran 2016/2017.
Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan ketuntasan aspek pengetahuan
yang dimiliki siswa (2) meningkatkan keterampilan mengambil keputusan siswa
terhadap pembelajaran menggunakan model POE. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini
dilakukan dalam dua siklus dengan total tiga kali pertemuan. Tindakan dilakukan
pada siswa kelas XI-MIA 2 MAN Kelua dengan jumlah 35 orang. Data
dikumpulkan dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif di setiap akhir siklus.
Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) ketuntasan aspek pengetahuan siswa
meningkat dari 57% menjadi 89%, (2) keterampilan mengambil keputusan siswa
meningkat dari kategori terampil menjadi sangat terampil