Abstract:
Abstrak. Tujuan dilaksanakannya penelitian yaitu untuk mengetahui
keefektifan penerapan model discovery learning dalam pembelajaran daring
berbantuan video conference yang dilihat dari (1) ketuntasan hasil belajar
peserta didik, (2) N-gain kemampuan berpikir kreatif dan self regulation
peserta didik, serta (3) respon peserta didik. Jenis penelitian ini termasuk preeksperimental design dengan metode penelitian adalah one grup pretestposttest design, dilakukan dalam dua kali pertemuan. Populasi penelitian
yakni peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Banjarmasin. Teknik pengambilan
sampel yaitu dengan purposive sampling, adapun sampel yang diambil
berjumlah 36 orang. Pengumpulan data melalui teknik tes berupa soal
uraian/essai dan non-tes berupa angket. Teknik analisis data secara deskriptif.
Hasil penelitian membuktikan model discovery learning efektif digunakan
pada pembelajaran daring yang dilihat dari pencapaian (1) hasil belajar peserta
didik sebesar 0,59 dalam kategori sedang dengan ketuntasan klasikal sebesar
77,78%, (2) N-gain kemampuan berpikir kreatif dalam kategori sedang
sebesar 0,52 dan self regulation dalam kategori sedang sebesar 0,31, serta (3)
respon peserta didik positif.