Repo Dosen ULM

Efektivitas Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Daring Berbantuan Video Conference terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Regulation Peserta Didik pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit

Show simple item record

dc.contributor.author Mahdian, Mahdian
dc.contributor.author Patimah, Siti
dc.contributor.author Kusasi, Muhammad
dc.date.accessioned 2022-06-27T00:33:14Z
dc.date.available 2022-06-27T00:33:14Z
dc.date.issued 2022-04
dc.identifier.issn e-ISSN : 2550-0716
dc.identifier.issn p-ISSN : 2086-7328
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24696
dc.description.abstract Abstrak. Tujuan dilaksanakannya penelitian yaitu untuk mengetahui keefektifan penerapan model discovery learning dalam pembelajaran daring berbantuan video conference yang dilihat dari (1) ketuntasan hasil belajar peserta didik, (2) N-gain kemampuan berpikir kreatif dan self regulation peserta didik, serta (3) respon peserta didik. Jenis penelitian ini termasuk preeksperimental design dengan metode penelitian adalah one grup pretestposttest design, dilakukan dalam dua kali pertemuan. Populasi penelitian yakni peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling, adapun sampel yang diambil berjumlah 36 orang. Pengumpulan data melalui teknik tes berupa soal uraian/essai dan non-tes berupa angket. Teknik analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian membuktikan model discovery learning efektif digunakan pada pembelajaran daring yang dilihat dari pencapaian (1) hasil belajar peserta didik sebesar 0,59 dalam kategori sedang dengan ketuntasan klasikal sebesar 77,78%, (2) N-gain kemampuan berpikir kreatif dalam kategori sedang sebesar 0,52 dan self regulation dalam kategori sedang sebesar 0,31, serta (3) respon peserta didik positif. en_US
dc.publisher Quantum : Jurnal Inovasi Pendidikan Sains en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 13 No 1;report
dc.subject model discovery learning en_US
dc.subject berpikir kreatif en_US
dc.subject self regulation en_US
dc.subject larutan elektrolit dan non-elektrolit en_US
dc.title Efektivitas Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Daring Berbantuan Video Conference terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Regulation Peserta Didik pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account