Abstract:
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan
keefektifan perangkat pembelajaran dalam melatihkan keterampilan metakognisi
dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan model
pengembangan Tessmer dengan One – group pretest – posttest design pada small
group dan One – group pretest – posttest design with repeat pada field test.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Teknik analisis
data menggunakan analisis deskriptif. Nilai n-gain hasil belajar keterampilan
metakognisi yang diperoleh pada small group termasuk dalam kategori sedang,
pada field test pertama dan kedua termasuk dalam kategori sedang dan tinggi.
Nilai n-gain pemahaman konsep siswa pada small group termasuk dalam kategori
sedang, field test pertama dan kedua dalam kategori sedang dan tinggi, artinya
perangkat pembelajaran efektif. Hasil respon siswa pada one to one, small group,
dan field test termasuk dalam golongan positif, artinya perangkat pembelajaran
bersifat praktis. Nilai validitas perangkat pembelajaran menunjukkan kategori
valid, artinya perangkat pembelajaran valid. Hal ini menunjukkan bahwa
perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran
kimia.