Repo Dosen ULM

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Cooperative Problem Solving untuk Melatihkan Keterampilan Metakognisi dan Pemahaman Konsep Peserta Didik terahadap Materi Hidrolisis Garam

Show simple item record

dc.contributor.author Syahmani, Syahmani
dc.contributor.author Mahdian, Mahdian
dc.contributor.author Ramayani, Yesi
dc.date.accessioned 2022-06-27T00:33:01Z
dc.date.available 2022-06-27T00:33:01Z
dc.date.issued 2019-10
dc.identifier.issn e-ISSN : 2550-0716
dc.identifier.issn p-ISSN : 2086-7328
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24695
dc.description.abstract Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran dalam melatihkan keterampilan metakognisi dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Tessmer dengan One – group pretest – posttest design pada small group dan One – group pretest – posttest design with repeat pada field test. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Nilai n-gain hasil belajar keterampilan metakognisi yang diperoleh pada small group termasuk dalam kategori sedang, pada field test pertama dan kedua termasuk dalam kategori sedang dan tinggi. Nilai n-gain pemahaman konsep siswa pada small group termasuk dalam kategori sedang, field test pertama dan kedua dalam kategori sedang dan tinggi, artinya perangkat pembelajaran efektif. Hasil respon siswa pada one to one, small group, dan field test termasuk dalam golongan positif, artinya perangkat pembelajaran bersifat praktis. Nilai validitas perangkat pembelajaran menunjukkan kategori valid, artinya perangkat pembelajaran valid. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran kimia. en_US
dc.publisher Quantum : Jurnal Inovasi Pendidikan Sains en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 10 No 2;report
dc.subject cooperative problem solving en_US
dc.subject pemahaman konsep en_US
dc.subject keterampilan metakognisi en_US
dc.title Pengembangan Perangkat Pembelajaran Cooperative Problem Solving untuk Melatihkan Keterampilan Metakognisi dan Pemahaman Konsep Peserta Didik terahadap Materi Hidrolisis Garam en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account