Abstract:
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi
pembelajaran kolaboratif terintegrasi kecerdasan majemuk dalam
meningkatkan kecerdasan logika matematika dan pemahaman konsep pada
kelas eksperimen di SMA Negeri 5 Banjarmasin. Penelitian ini menerapkan
metode penelitian eksperimen tipe pretest-postest control group design. Sampel
penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai
kelas kontrol. Kelas kontrol belajar menggunakan metode konvensional,
sedangkan kelas eksperimen diberikan strategi pembelajaran kolaboratif
terintegrasi kecerdasan majemuk. Pengumpulan data menggunakan teknik tes
dan non-tes berupa ovservasi dan angket kecerdasan majemuk. Teknik analisis
data menggunakan uji-t dan analisis deskriptif.. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa strategi pembelajaran kolaboratif terintegrasi kecerdasan majemuk
efektif dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika dan pemahaman
konsep siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol.